Cara Pengemasan Udang Mentah

Bismillahirrahmaanirrahiim,
Prinsip pengiriman udang yang didinginkan adalah harus tetap berada pada suhu sekitar 0 derajat Celcius selama pengiriman dan udang tidak dicemari  bakteri, kotoran dan bau yang berasal dari luar maupun dari wadah pengangkut, dan tidak mengalami perubahan fisik/organoleptik (bau / citarasa / tekstur) yang menyolok setibanya di tempat yang dituju. 

Cara pendinginan dari tambak atau tempat pelelangan ke pabrik biasanya dilakukan dengan pengesan atau menempatkan udang di box / blong (berinsulasi) berisi air dengan es. Pengepakan pendahuluan udang didinginkan dahulu dengan es, setelah suhu udang mencapai 0 derajat Celcius , box ditambahi lagi dengan es sampai penuh, lalu siap diangkut. Jumlah es yang diperlukan, tergantung keadaan cuaca (suhu udara luar) panjang perjalanan, teknik transportasi, keadaan insulasi box, kendaraan pengangkut dan lainnya. 
Masakan Udang Siap disnatap
Prinsip pengepakan udang sama dengan produk perikanan lainnya, selalu dalam rantai dingin. Contoh pengepakan udang dalam box adalah sbb :

  1. Alas box diberi lapisan es setebal 15 cm, kemudian udang disusun diatasnya, lalu ditutup es lagi. Demikian seterusnya.
  2. Lapisan udang paling atas di es setebal 5 cm. Sebagai petunjuk cukup tidak es yang digunakan apabila es masih tersisa pada saat sampai di tujuan.
  3. Diupayakan tinggi box tidak lebih dari 60 cm,Keuntungan dari cara ini adalah  mutu udang lebih baik karena tidak banyak yang rusak akibat tekanan.

Distribusi langsung dari supplier ke konsumen merupakan cara yang paling efisien dari segi ekonomi, waktu serta memperpendek alur distribusi, sehingga diharapkan mutu udang yang dipasarkan lebih baik dan dapat dicegah kemunduran mutunya. 

Udang ini dikemas dengan kemasan yang sesuai serta tidak mengurangi mutunya, harus bisa mengurangi /membatasi keluar masuknya pengaruh (penetrasi) air, uap air, oksigen, sinar (matahari), bau, mikroba, kotoran, serangga, jamur dan pengaruh penanganan serta alat mekanis yang dipakai. 

Kemasan yang  sesuai adalah plastik karena memiliki beberapa keunggulan yaitu ringan, bisa melapisi bermacam bentuk, daya rentang  kuat, dan tahan pengaruh luar tersebut, dapat dilas panas (seal), serta mudah sesuai bahan kemas lainnya. Dan atau dengan baki plastik (plastic trays).kemudian tray ditutup dengan plastik film penahan. Dengan pengemasan ini produk dapat langsung dikirim ke supermarket untuk dipasarkan. Biasanya produk ini dipajang pada kabinet pemajangan (show case) atau display di supermarket.

0 comments:

Post a Comment

Berkomentar ataupun silent reader, tetap terima kasih telah singgah di Serat Pelangi. Tapi harap maklum jika komentar bersifat SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublish ya...So, be wise and friendly.