Waktu Seorang Pemuda Memasuki Mushola

Aku ingat Habil dan Qabil sewaktu negara - negara besar mempersenjatai diri dengan bom - bom neutria.
Katastrope kota Sodom dan Gomorah sewaktu tertatap gincu di bibir lelaki di lobby hotel.
Wajah demokrasi yang pasi dan keadilan yang meleleh.
Peragaan kesucian semu, jihad yang di putar balikkan.
Menghalalkan cara bahwa KAU ada di mana-mana,
menguntitnya setia, mengawasi ketat rambutnya yang gugur, 
memetik biola di keheningan,
menggenggam jantung serta mengunci usia,
menyodorkan sabar prajurit yang hilang ketika perang.

Mereka malah menutup pintu dan jendela-jendela
Menyimpul erat firmanMU di musium
Materi adalah muara gerak mesin kehidupannya
Mementang jala pamrih dan melahap mayat sesama

Kerinduanku cuma sederhana
Menatap bintang tariq yang memancar menyibak gulita
Kejujuran yang fitri, keleluasaan melaksanakan firmanMU
Dalam gundah, riwayat NAbiku yang berjihad
di tengah lecutan pedang dan tombak Abu Jahal adalah pecahan kaca
yang terselip pada lipatan hati

Ya Rabb,
Kutetap tak bergeming, keyakinan jelitanya hari esok
pada kebesaran agamaMU
Erat kudekap kendati tubuhku letih
Tumpah pasrahku dalam sujud yang pertama
Di altar keabadian yang menjembatani ke arazMU
SEnyum ajaib yang mekar bersama ufuk tak bermega
Keanggunan pagi, tetesan firdausi
Pada cermin mukaMU yang bening
Malu aku berkaca-kaca
Karena disitu, akan terpantul kerut-kerut hitamku
Aku ingat Tola'al Badru'alaina dan nabiku di atas unta memasuki Quba dengan langkah-langkah pasti
Tatkala seorang pemuda berbekal keyakinan
Memasuki mushola.


By: Joko Santosa Hape (Panji MAsyarakat, Jkt Des, 1970)



Notes:
Puisi yang aku temukan secara tidak sengaja pd lembaran majalah saat aku masih SMP/SMA, yang entah berasal dari mana.  Puisinya sangat menarik buatku, sehingga aku menyimpannya dan sekarang aku masukkan dalam Blog puisiku ini. Semoga bisa jd inspirasi bagi yang membacanya....

0 comments:

Post a Comment

Berkomentar ataupun silent reader, tetap terima kasih telah singgah di Serat Pelangi. Tapi harap maklum jika komentar bersifat SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublish ya...So, be wise and friendly.